Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar JavaScript Part 2: Cara Penulisan Dan Penggunaan JavaScript

Cara Penulisan Dan Penggunaan JavaScript
Pada part sebelumnya kita sudah membahas pengertian dan pengenalan JavaScript, pada part 2 ini kita akan belajar cara penulisan JavaScipt dan Cara penggunaan javaScript. 

Langkah - Langkah Cara Penulisan Dan Penggunaan JavaScript

Saat anda melihat source code sebuah web pasti anda juha melihat beberapa kode JavaScript, kadang JavaScript tersebut berada di antara tag <head></head>. Atau, Anda mungkin melihatnya di tag <body></body> (atau bahkan di kedua tempat tersebut). Untuk memisahkan kode JavaScript dari kode HTML, Anda harus menyertakannya dalam satu set tag <script></script>. 

Tag <script> pembuka memiliki satu atribut wajib dan satu atribut opsional. Atribut yang diperlukan adalah atribut type, sedangkan atribut opsional adalah src (yang memungkinkan Anda untuk menunjuk ke file script eksternal, dibahas nanti dalam jawaban ini). Nilai atribut type diatur ke text/javascript , seperti yang ditunjukkan pada contoh di bawah ini.

 <script type="text/javascript"> 
Kode JavaScript Anda ada di sini. 
</skrip> 

Seperti yang Anda lihat, kode JavaScript Anda ditempatkan di antara tag script pembuka dan penutup. Misalnya script, Anda dapat menulis string teks sederhana langsung di halaman web, seperti yang ditunjukkan di bawah ini (ditempatkan di antara tag <body> dan </body>.
 <script type="text/javascript"> 
document.write("Teks ditulis menggunakan kode JavaScript!"); 
</skrip> 

Pada contoh di atas, fungsi JavaScript standar menampilkan teks di antara tanda kutip pada halaman. 

Pilihan lain untuk memasukkan JavaScript pada halaman adalah membuat scrip dalam file teks eksternal. Simpan file itu dengan ekstensi .js, menjadikannya file JavaScript. File .js kemudian dimasukkan ke dalam halaman menggunakan atribut src dari tag script pembuka. Misalnya, untuk menggunakan skrip di atas, letakkan kode JavaScript (tanpa tag skrip) ke dalam file teks baru, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

 document.write("Teks ditulis menggunakan kode JavaScript!"); 

kemudian anda simpen file dengan ekstensi .js. Misalnya, Anda dapat menyimpannya sebagai write.js . Setelah file disimpan, Anda dapat memanggilnya dari kode HTML melalui atribut src dari tag script pembuka, seperti yang ditunjukkan di bawah ini untuk write.js

 <script type="text/javascript" src="write.js"></script> 

Prosedur di atas memiliki efek yang sama seperti menulis kode di antara tag script, tetapi tidak akan mengacaukan kode HTML dengan JavaScript. Keuntungan lain adalah bahwa script yang sama dapat dimasukkan dalam beberapa halaman, dan mengedit file script memperbarui script di setiap halaman yang menggunakan file script eksternal. Mengedit file script sangat membantu karena dapat dilakukan di satu tempat, daripada mengedit kode pada setiap halaman yang berisi script. 

Sekarang anda telah mengetahui cara penulisan JavaScript ke halaman web, Anda dapat menggunakan sejumlah script contoh JavaScript atau mengikuti tutorial atau buku JavaScript untuk mempelajari lebih lanjut tentang code JavaScript.

Thanks for reading Belajar JavaScript Part 2: Cara Penulisan Dan Penggunaan JavaScript. Please share...!

Post a Comment for "Belajar JavaScript Part 2: Cara Penulisan Dan Penggunaan JavaScript"