Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar CSS Part 1: Mengenal CSS

Mengenal dasar-dasar CSS untuk pemula
Jika sebelumnya kita telah membahasa HTML dan mengenal HTML sekarang kita lanjut bahas tentang CSS dan mengenal CSS, oke kita lanjut.


Apa itu CSS?

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk menggambarkan tampilan dan format dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. CSS menyediakan fitur tambahan untuk HTML. Hal ini umumnya digunakan bersamaan dengan HTML untuk mengubah gaya atau mempercantik halaman web dan antarmuka pengguna. Itu juga dapat digunakan dengan segala jenis dokumen XML termasuk XML biasa, SVG dan XUL.

CSS digunakan bersama dengan HTML dan JavaScript di sebagian besar situs web untuk membuat antarmuka pengguna untuk aplikasi web dan antarmuka pengguna untuk banyak aplikasi seluler.


Apa yang dapat dilakukan CSS?

  • Anda dapat menambahkan tampilan baru ke dokumen HTML lama Anda.
  • Anda dapat sepenuhnya mengubah tampilan situs web Anda hanya dengan beberapa perubahan dalam code CSS


Manfaat CSS:

  1. Memecahkan masalah besar: Sebelum CSS, tag seperti font, warna, gaya latar belakang, perataan elemen, batas dan ukuran harus diulang di setiap halaman web. Ini adalah proses yang sangat panjang. Misalnya: Jika Anda mengembangkan situs web besar di mana font dan informasi warna ditambahkan pada setiap halaman, itu akan menjadi proses yang panjang dan mahal. CSS dibuat untuk mengatasi masalah ini. Itu adalah rekomendasi W3C.
  2. Menghemat waktu: Definisi gaya CSS disimpan dalam file CSS eksternal sehingga memungkinkan untuk mengubah seluruh situs web dengan mengubah hanya satu file. 
  3. Menyediakan lebih banyak atribut: CSS menyediakan atribut yang lebih detail daripada HTML biasa untuk menentukan tampilan dan nuansa situs web.

Saya harap anda semua sudah paham kita akan lanjut di materi selanjut nya tentang CSS. 

Thanks for reading Belajar CSS Part 1: Mengenal CSS. Please share...!

Post a Comment for "Belajar CSS Part 1: Mengenal CSS"