Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar HTML Part 1 : Mengenal HTML

Mengenal Dasar-Dasar HTML Untuk Pemula
Dalam artikel ini, saya akan memperkenalkan kepada anda tentang apa itu HTML secara detail, bagaimana menerapkan pada halaman web, dan kita juga akan menyentuh bagian yang sangat dasar dari HTML. Berikut penjelasannya:


Apa itu HTML?

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language yang digunakan untuk membuat halaman web dan aplikasi web. Mari kita lihat apa yang dimaksud dengan Hypertext Markup Language, dan halaman Web.

Hyper Text: HyperText berarti "Teks di dalam Teks." Sebuah teks memiliki link di dalamnya, adalah hypertext. Setiap kali Anda mengklik tautan yang membawa Anda ke halaman web baru, Anda telah mengklik hypertext. HyperText adalah cara untuk menghubungkan dua atau lebih halaman web (dokumen HTML) satu sama lain.

Markup language: Markup language adalah bahasa komputer yang digunakan untuk menerapkan konvensi tata letak dan pemformatan ke dokumen teks. Markup language membuat teks lebih interaktif dan dinamis. Itu dapat mengubah teks menjadi gambar, tabel, tautan, dll.

Web page: web page atau halaman web adalah dokumen yang biasanya ditulis dalam HTML dan diterjemahkan oleh browser web. Sebuah halaman web dapat diidentifikasi dengan memasukkan URL. Sebuah halaman Web ada 2 jenis yaitu statis atau dinamis. Sedangkan cuma dengan bantuan HTML saja, kita dapat membuat halaman web statis .

Oleh karena itu, HTML adalah bahasa markup (Markup Language) yang digunakan untuk membuat halaman web yang menarik dengan bantuan gaya, dan terlihat dalam format yang bagus di browser web. Sebuah dokumen HTML terbuat dari banyak tag HTML dan setiap tag HTML berisi konten yang berbeda.

 <!DOCTYPE>
<html>
<head>
<title>Web page title</title>
</head>
<body>
<h1>Tulis Disini untuk Judul</h1>
<p>Tulis Disini Pragraf Untuk Pragraf</p>
</body>
</html> 


Deskripsi Contoh HTML

<!DOCTYPE>: Ini mendefinisikan jenis dokumen atau menginstruksikan browser tentang versi HTML.

<html >: Tag ini menginformasikan browser bahwa itu adalah dokumen HTML. Teks antara tag html menjelaskan dokumen web. Ini adalah wadah untuk semua elemen HTML lainnya kecuali <!DOCTYPE>

<head>: Ini harus menjadi elemen pertama di dalam elemen <html>, yang berisi metadata (informasi tentang dokumen). Itu harus ditutup sebelum tag tubuh terbuka.

<title>: Seperti namanya, ini digunakan untuk menambahkan judul halaman HTML yang muncul di bagian atas jendela browser. Itu harus ditempatkan di dalam tag kepala dan harus segera ditutup. (Opsional)

<body> : Teks di antara tag body menjelaskan isi halaman yang dapat dilihat oleh pengguna akhir. Tag ini berisi konten utama dari dokumen HTML.

<h1> : Teks di antara tag <h1> menjelaskan judul tingkat pertama halaman web.

<p> : Teks di antara tag <p> menjelaskan paragraf halaman web.

Lebih lengakapnya bisa anda cek disini: Kamus HTML


Versi HTML

Sejak HTML ditemukan, ada banyak versi HTML di pasaran, pengenalan singkat tentang versi HTML diberikan di bawah ini:

HTML 1.0: Versi pertama dari HTML adalah 1.0, yang merupakan versi barebone dari bahasa HTML, dan dirilis pada tahun 1991.

HTML 2.0: Ini adalah versi berikutnya yang dirilis pada tahun 1995, dan merupakan versi bahasa standar untuk desain situs web. HTML 2.0 mampu mendukung fitur tambahan seperti unggahan file berbasis formulir, elemen formulir seperti kotak teks, tombol opsi, dll.

HTML 3.2: Versi HTML 3.2 diterbitkan oleh W3C pada awal tahun 1997. Versi ini mampu membuat tabel dan memberikan dukungan untuk opsi tambahan untuk elemen formulir. Itu juga dapat mendukung halaman web dengan persamaan matematika yang kompleks. Ini menjadi standar resmi untuk browser apa pun hingga Januari 1997. Hari ini secara praktis didukung oleh sebagian besar browser.

HTML 4.01: Versi HTML 4.01 dirilis pada Desember 1999, dan merupakan versi bahasa HTML yang sangat stabil. Versi ini adalah standar resmi saat ini, dan menyediakan dukungan tambahan untuk stylesheet (CSS) dan kemampuan skrip untuk berbagai elemen multimedia.

HTML5 : HTML5 adalah versi terbaru dari bahasa HyperText Markup. Draf pertama dari versi ini diumumkan pada Januari 2008. Ada dua organisasi besar satu adalah W3C (World Wide Web Consortium), dan satu lagi adalah WHATWG (Kelompok Kerja Teknologi Aplikasi Web Hypertext) yang terlibat dalam pengembangan versi HTML 5 , dan masih dalam pengembangan.


Fitur HTML

  1. HTML adalah bahasa yang sangat mudah dan sederhana . Itu dapat dengan mudah dipahami dan dimodifikasi.
  2. Sangat mudah untuk membuat presentasi yang efektif dengan HTML karena memiliki banyak tag pemformatan.
  3. HTML adalah bahasa markup , sehingga menyediakan cara yang fleksibel untuk mendesain halaman web bersama dengan teksnya.
  4. HTML memfasilitasi programmer untuk menambahkan link pada halaman web (dengan tag jangkar html), sehingga meningkatkan minat browsing pengguna.
  5. Tidak bergantung pada platform karena dapat ditampilkan di platform apa pun seperti Windows, Linux, dan Macintosh, dll.
  6. HTML memfasilitasi programmer untuk menambahkan Grafik, Video, dan Suara ke halaman web yang membuatnya lebih menarik dan interaktif.
  7. HTML adalah bahasa case-insensitive, yang berarti kita dapat menggunakan tag baik dalam huruf kecil atau huruf besar.

CATATAN: Disarankan untuk menulis semua tag dalam huruf kecil untuk konsistensi, keterbacaan, dll.

Thanks for reading Belajar HTML Part 1 : Mengenal HTML. Please share...!

Post a Comment for "Belajar HTML Part 1 : Mengenal HTML"