Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar JavaScript Part 3 : Mengenal Variabel Pada JavaScript

Mengenal variabel pada javascript

PENGERTIAN

Tidak hanya pada PHP javascript pun juga mengenal istilah variabel lebih tepatnya memiliki variabel. Fungsi variabel pada javascript sama seperti bahasa pemrograman lain, yaitu untuk menyimpan data untuk sementara.

CARA PENULISAN VARIABEL JAVASCRIPT

Yang harus diperhatikan dalam penulisan javascript adalah semua penulisan variabel pada javascript tidak boleh mengandung spasi atau lebih tepatnya bersifat camelcase, yang harus memperhatikan penulisan huruf besar dan kecil. Lebih lengkapnya perhatikan poin - poin berikut:
  • Penulisan nama variabel bisa menggunakan huruf, angka, underscore, dan tanda dolar
  • Penulisan nama variabel harus diawali dengan huruf
  • Penulisan nama variabel javascript harus memperhatikan huruf besar kecil ( case sensitive )
  • Nama variabel tidak boleh mengandung spasi
  • Penulisan variabel javascript diawali dengan syntax "var"

MEMBUAT VARIABEL 

Baiklah, pertama kita siapkan terlebih dahulu file html, disini saya akan menamainya dengan nama index.html
Dari gambar di atas mari kita kupas satu persatu tentang kegunaan variabel "nama" dan variabel "alamat". Nah, tentunya jangan sampai lupa memberikan semicolon ( ; ) pada akhir baris value dari variabel, karena semicolon ini merupakan perbedaan / pembatas akhir dari sebuah value.
#Catatan : document.getElementById() berguna untuk menentukan element ber id sesuai dengan yang didalam parameter fungsi. innerHTML untuk menerapkan syntax HTML

KESIMPULAN

Variabel merupakan tempat untuk menyimpan data sementara dan isi dari variabel di sebut dengan value, variabel dapat kita ambil nilai valuenya. Ada beberapa poin penting yang harus kita ketahui ketika menggunakan variabel pada javascript ini. Yaitu case sensitive kita harus memperhatikan antara besar dan kecil huruf yang kita buat, tidak boleh mengawali nama variabel dengan huruf, dll seperti yang saya jelaskan diatas. Semoga bermanfaat

Thanks for reading Belajar JavaScript Part 3 : Mengenal Variabel Pada JavaScript. Please share...!

Post a Comment for "Belajar JavaScript Part 3 : Mengenal Variabel Pada JavaScript"