Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar JavaScript Part 4 : Operator Aritmatika Javascript

Operator aritmatika javascript

Pengertian Aritmatika

Operator Aritmatika adalah code yang digunakan untuk menetapkan nilai-nilai, membandingkan nilai-nilai, melakukan operasi aritmatika, dan banyak lagi. Operator aritmatika sangatlah diperlukan ketika kita membuat aplikasi yang membutuhkan logika perhitungan. Baik itu perhitungan dalam jumlah kecil maupun dalam jumlah besar. Dan pada tutorial kali ini akan saya bahas apa itu operator Aritmatika.

Sebelum lebih jauh belajar operator aritmatika javascript kita akan membahas operator apasaja yang tersedia di javascript yang dapat kita gunakan untuk membuat aplikasi perhitungan menggunakan javascript

Berikut adalah operator yang dapat kita gunakan untuk membuat operator aritmatika :


+ = Penjumlahan
-   = Pengurangan  
* = Perkalian
/ = Pembagian
% = Modulus
++ = Increment
-- = Decrement

Contoh Penggunaan Aritmatika Pada JavaScript

Pada contoh diatas kita membuat contoh pembuatan operator aritmatika modulus. Dengan membuat dua variabel dan mengisi nilai dari setiap variabel tersebut, yaitu variabel bilangan1 dan bilangan2 dimana variabel1 saya isi nilai 13 dan variabel bilangan2 saya isi nilai 2. Kemudian untuk mengetahui hasil sisa baginya kita tinggal memberikan simbol % operator bilanganya seperti berikut :
document.getElementById('penjumlahan').innerHTML = modulus;

KESIMPULAN

Javascript memiliki beberapa operator aritmatika diantaranya penjumlahan (+) , pengurangan (-), perkalian (*) , pembagian ( / ) , modulus ( % ) , increment ( ++ ) , decrement ( -- ) yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah operasi matematika dan salah satu contohnya dapat kita aplikasikan yaitu dengan membuat kalkulator dengan javascript.

Thanks for reading Belajar JavaScript Part 4 : Operator Aritmatika Javascript. Please share...!

Post a Comment for "Belajar JavaScript Part 4 : Operator Aritmatika Javascript"